Stay Tuned!

Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!

Feature News News Report

Mengguncang Pasar Kripto: FED Bicara Kenaikan Suku Bunga, Peluang Keuntungan Menanti!

Rapat pertemuan kebijakan Federal Reserve bulan Juni membuat pasar berada dalam tren penurunan saat investor berspekulasi berapa banyak kenaikan suku bunga yang mungkin dilakukan oleh bank sentral.

Meskipun para bankir sentral mengungkapkan bahwa kecepatan kenaikan suku bunga diharapkan melambat, namun kenaikan tetap diharapkan.

“Banyak juga mencatat bahwa setelah secara cepat mengencangkan kebijakan moneter tahun lalu, Komite telah melambatkan kecepatan pengencangan dan bahwa moderasi lebih lanjut dalam kebijakan yang diperketat adalah tepat untuk memberikan waktu tambahan dalam mengamati efek pengencangan yang terkumpul dan mengevaluasi implikasinya terhadap kebijakan,” demikian tertulis dalam release rapat tersebut.

Rapat bulan lalu menunjukkan bahwa para bankir sentral masih khawatir mengenai inflasi yang persisten, dan pendapat trader tentang kebijakan moneter yang ketat baru-baru ini akan berakhir hanya sebatas jeda. Pada bulan Juni, anggota komite memutuskan untuk mempertahankan suku bunga pada level yang sama, menandai jeda kenaikan suku bunga pertama bank sentral dalam 15 bulan.

Aset kripto mengalami penurunan setelah munculnya berita tersebut, dengan bitcoin dan ether turun sekitar 0,8% dan 1,2% secara berturut-turut. Namun, keduanya masih mengalami kenaikan selama sebulan terakhir, dengan bitcoin naik hampir 19% sejak awal Juni dan ether naik sekitar 6%.

Saham juga mengalami penurunan sedikit setelah rilis tersebut. Indeks S&P 500 dan Nasdaq Composite masing-masing turun sekitar 0,2% dan 0,1%.

Para trader masih banyak yang mengantisipasi kenaikan sebesar 25 basis poin pada pertemuan kebijakan Federal Reserve selanjutnya yang akan diadakan dalam beberapa minggu ke depan. Berdasarkan data dari CME Group, pasar sepertinya memperhitungkan kemungkinan kenaikan kecil sebesar 89%.

Bitcoin telah berhasil bertahan di atas level resistensi kunci $30,000 yang menjadi perhatian para analis sejak tanggal 23 Juni. Analis mengatakan bahwa keberlanjutan reli bergantung pada performa ekuitas dan indikator makro.

“Walaupun pasar kripto akhir-akhir ini menunjukan tren  optimis, kita tidak dapat mengabaikan kemungkinan pengaruh penjualan saham di pasar atau perubahan mendadak dalam suku bunga acuan,” kata Noelle Acheson, penulis Crypto is Macro Now dan mantan kepala wawasan pasar di Genesis, dalam sebuah catatan pada hari Rabu (5/7 waktu setempat).

“Ia memiliki faktor pendorong unik yang akan memberikan dukungan; namun banyak investor kripto juga terpengaruh oleh pasar aset tradisional, dan terasa sedikit tidak stabil,” tambahnya.

You may also like

Image of Coinbase logo representing the cryptocurrency exchange targeted in the theft by Canadian teens.
Feature News News Report

Wow! Remaja Kanada Raup $4,2 Juta Cryptocurrency dengan Aksi Licik yang Mengejutkan!

  • July 5, 2023
Dua remaja asal Kanada telah ditangkap dan dikenai tuntutan atas kasus pencurian sejumlah $4,2 juta dalam bentuk cryptocurrency. Kedua pelaku
Feature News News Report Roundup

Prospek SEC Menyetujui ETF Bitcoin Spot di 2023: Peluang dan Tantangan yang Perlu Diketahui

  • July 5, 2023
Di tahun ini, satu pertanyaan besar menentukan masa depan harga Bitcoin: Apakah ETF Bitcoin Spot akan disetujui di Amerika Serikat?
Please enter CoinGecko Free Api Key to get this plugin works.