Stay Tuned!

Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!

Feature Market Analysis News

Perubahan Pandangan CEO BlackRock tentang Bitcoin: Mendapat Dukungan dan Pertanyaan dari Pelaku Kripto

CEO BlackRock, Larry Fink, memiliki pandangan baru terhadap Bitcoin, ia menyebutkan bahwa bitcoin dapat “merevolusi keuangan,” padahal sebelumnya ia anggap skeptis. Namun, sifat dari Exchange-Traded Fund (ETF) berlawanan dengan prinsip-prinsip dasar Bitcoin.

Dalam industri keuangan tradisional, ETF adalah instrumen investasi yang diperdagangkan di bursa saham teratur dan diatur oleh pialang terdaftar. Struktur semacam itu mungkin bertentangan dengan prinsip dasar Bitcoin yang dirancang pada tahun 2009 sebagai jaringan pembayaran berbasis internet yang peer-to-peer, bebas dari kendali pemerintah, sebagai reaksi terhadap supremasiWall Street yang memicu krisis keuangan global pada bebera tahun silam.

Respons dari penggiat kripto mungkin bercampur aduk, meskipun pernyataan baru Fink ini mungkin telah membantu mendukung kenaikan harga Bitcoin baru-baru ini, yang naik 82% sepanjang tahun ini.

“Kripto kehilangan prinsip dasar,” kata Jim Bianco, presiden Bianco Research. “Ia seharusnya tentang desentralisasi, tanpa izin dan memiliki kedaulatan sendiri. Menggembirakan bahwa ia akan menjadi token yang lebih mudah diakses adalah hal yang baik dan akan membantu dalam jangka pendek, tetapi itu tidak akan membantu mewujudkan janji sebenarnya dari kripto.”

Meskipun demikian, Fink, yang sebelumnya skeptis terhadap kripto dan pada satu titik menyebut Bitcoin sebagai “indeks pencucian uang,” mengatakan pada hari Rabu (5/7 waktu setempat) bahwa kripto ini dapat “merevolusi keuangan.”

Namun, bukan memuji ide inti di balik pasar aset digital yang baru dibangun ini, terutama desentralisasi, Fink mengatakan bahwa tujuan utama pengelola aset adalah membuat perdagangan dan investasi dalam Bitcoin lebih mudah dan murah. Beberapa ahli industri khawatir apakah BlackRock mungkin tertarik dengan alasan yang salah.

“Ada argumen yang menyatakan bahwa ETF, serta bursa Bitcoin, mengabaikan fitur paling penting dari Bitcoin, yaitu kemampuan untuk mengendalikan dana mereka tanpa harus mempercayai pihak ketiga untuk mengelola aset tersebut,” kata Jim Iourio, direktur manajemen layanan TJM Institutional dan seorang trader futures dan options berpengalaman. “Ini bertentangan dengan tujuan eksistensi Bitcoin.”

Kripto dibangun dengan gagasan bahwa uang tidak perlu terikat dengan pihak ketiga atau perantara, seperti bank atau bahkan pemerintah, dan oleh karena itu tidak rentan terhadap manipulasi dalam bentuk apa pun.

Ketika seorang pemimpin asset manager terbesar di dunia secara terbuka mengubah pendapatnya dan  sekarang mengatakan Bitcoin sebagai “pengganti emas,” tidak semuanya negatif – setidaknya untuk saat ini.

Validasi dari orang seperti Fink dapat membantu adopsi dan kesadaran publik dalam penggunaan Bitcoin.

You may also like

Image of Coinbase logo representing the cryptocurrency exchange targeted in the theft by Canadian teens.
Feature News News Report

Wow! Remaja Kanada Raup $4,2 Juta Cryptocurrency dengan Aksi Licik yang Mengejutkan!

  • July 5, 2023
Dua remaja asal Kanada telah ditangkap dan dikenai tuntutan atas kasus pencurian sejumlah $4,2 juta dalam bentuk cryptocurrency. Kedua pelaku
Feature News News Report Roundup

Prospek SEC Menyetujui ETF Bitcoin Spot di 2023: Peluang dan Tantangan yang Perlu Diketahui

  • July 5, 2023
Di tahun ini, satu pertanyaan besar menentukan masa depan harga Bitcoin: Apakah ETF Bitcoin Spot akan disetujui di Amerika Serikat?
Please enter CoinGecko Free Api Key to get this plugin works.