Stay Tuned!

Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!

Feature News News Report

Profil Hasan Fawzi: DK OJK Pusatkan Perhatian pada Aset Kripto dalam Periode 2023-2028

Komisi XI DPR RI telah menunjuk Hasan Fawzi sebagai anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) baru untuk periode 2023-2028 setelah melalui uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test pada Senin, 10 Juli 2023.

Hasan Fawzi akan menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto. Berikut adalah profil Hasan Fawzi:

Hasan Fawzi saat ini menjabat sebagai Direktur Pengembangan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ia ditetapkan sebagai Direktur Pengembangan BEI melalui Rapat Umum Pemegang Saham pada 29 Juni 2018.

Hasan Fawzi lahir di Purwakarta pada 27 April 1970. Ia memperoleh gelar Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1993, gelar Master of Business Administration (MBA) dari Universitas LIAE de Grenoble, Universite Pierre Mendes, Prancis, dan gelar Magister Manajemen (MM) dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2008.

Karier Hasan dimulai di PT Kliring Depositori Efek Indonesia sebagai Kepala Departemen Pengembangan Sistem (1993-1997), dan kemudian pindah ke KPEI sebagai Kepala Divisi Teknologi Informasi (1997-2008). Ia pernah menjabat sebagai Direktur PHEI (2008-2012) dan Direktur Utama KPEI selama dua periode (2012-2015 dan 2015-2018). Selain itu, Hasan juga menjadi Komisaris Independen PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA).

Sebelumnya, dalam uji kelayakan atau fit and proper test bersama Komisi XI DPR RI pada 10 Juli 2023, Hasan Fawzi mengungkapkan sejumlah strategi yang akan diterapkan dalam pengawasan aset kripto. Menurut Hasan Fawzi, pertumbuhan ekonomi Indonesia harus sejalan dengan perkembangan inovasi teknologi sektor keuangan dan keuangan digital. Ia juga menyebut bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam industri inovasi keuangan digital.

Salah satu strategi yang diusulkan oleh Hasan Fawzi adalah melindungi konsumen dengan bekerja sama secara intensif dengan Komisi Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk memastikan produk-produk yang beredar di pasar dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, Hasan juga ingin menjadikan OJK sebagai pusat inovasi yang membangun kapasitas melibatkan seluruh pelaku ekosistem di luar OJK, termasuk para profesional industri.

Dengan pengalaman dan pemahaman yang dimilikinya dalam industri keuangan, terutama di sektor aset kripto, diharapkan bahwa Hasan Fawzi dapat memberikan kontribusi yang positif dan efektif dalam mengawasi dan mengembangkan sektor keuangan digital dan aset kripto di Indonesia.

Disclaimer: Artikel ini dibuat berdasarkan informasi terbaru yang tersedia hingga September 2021. Informasi mengenai Hasan Fawzi dan jabatannya sebagai DK OJK baru mungkin telah berubah atau berkembang sejak saat itu.

You may also like

Image of Coinbase logo representing the cryptocurrency exchange targeted in the theft by Canadian teens.
Feature News News Report

Wow! Remaja Kanada Raup $4,2 Juta Cryptocurrency dengan Aksi Licik yang Mengejutkan!

  • July 5, 2023
Dua remaja asal Kanada telah ditangkap dan dikenai tuntutan atas kasus pencurian sejumlah $4,2 juta dalam bentuk cryptocurrency. Kedua pelaku
Feature News News Report Roundup

Prospek SEC Menyetujui ETF Bitcoin Spot di 2023: Peluang dan Tantangan yang Perlu Diketahui

  • July 5, 2023
Di tahun ini, satu pertanyaan besar menentukan masa depan harga Bitcoin: Apakah ETF Bitcoin Spot akan disetujui di Amerika Serikat?
Please enter CoinGecko Free Api Key to get this plugin works.