Stay Tuned!

Subscribe to our newsletter to get our newest articles instantly!

Feature News News Report

Ringkasan Berita Kripto 1 Minggu Terakhir: Ripple, Coinbase Wallet, dan Lainnya

 XRP Dinyatakan Bukan Sekuritas

Pada tanggal 13 Juli 2023, Pengadilan Distrik AS memutuskan bahwa XRP, token dari Ripple, bukan merupakan kontrak investasi dan oleh karena itu bukan sekuritas. SEC awalnya menuduh Ripple melakukan penawaran sekuritas yang tidak terdaftar untuk token XRP pada bulan Desember 2020. Hasil putusan ini mengakui bahwa penjualan program XRP oleh Ripple di bursa kripto tidak melanggar hukum sekuritas karena pembeli tidak tahu dari siapa mereka membeli dan tidak bisa tahu bahwa mereka sedang berinvestasi dalam perusahaan bersama. Namun, penjualan institusional XRP oleh Ripple diakui melanggar hukum sekuritas karena pembeli mengetahui bahwa mereka berinvestasi langsung dalam perusahaan.

Token XRP memiliki total pasokan 100 miliar, yang dibuat pada saat peluncuran XRP Ledger pada tahun 2012. Dari jumlah tersebut, 80 miliar diberikan kepada Ripple untuk menyediakan kode dan layanan ke Ledger, dan 20 miliar diberikan kepada tiga pendiri dengan perjanjian penguncian tertentu. Penjualan yang diperdebatkan dalam kasus SEC mengacu pada penjualan XRP dari 2013 hingga akhir 2020.

Pihak berwenang mengklaim bahwa Ripple mendapatkan $757,6 juta dari penjualan program dan $728,9 juta dari penjualan institusional selama periode tersebut. Meskipun penjualan program XRP dihentikan pada tahun 2019, penjualan institusional XRP terus berlanjut sejak 2021. Putusan ini dapat berdampak pada penjualan XRP dari 2021 hingga saat ini, yang sekarang diklasifikasikan sebagai penjualan sekuritas yang tidak terdaftar.

Coinbase Wallet Mengintegrasikan XMTP

Coinbase telah mengintegrasikan XMTP, platform pesan terdesentralisasi, ke dalam Coinbase Wallet, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan secara aman satu sama lain. Kombinasi fitur sosial seperti pesan dan aspek keuangan dari dompet ini mirip dengan “super apps” yang mendominasi pasar Timur. Dengan adanya lapisan keuangan yang dapat diprogram dalam teknologi kripto, dompet dan aplikasi konsumen kripto secara umum berada pada posisi yang menguntungkan untuk mencapai visi “super app” ini.

Hambatan utama bagi aplikasi konsumen kripto sebelumnya adalah kematangan infrastruktur konsumen yang mendasarinya, seperti pesan, kerangka kerja sosial, identitas, dan lain-lain. Namun, integrasi XMTP dan Lens/ENS profile ke dalam Coinbase Wallet menunjukkan tanda-tanda perkembangan ekosistem infrastruktur konsumen dalam dunia kripto yang, jika sepenuhnya matang, akan mampu menggerakkan aplikasi konsumen generasi berikutnya yang lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi sosial monolitik tradisional yang digunakan saat ini.

Ekosistem L2 Berkembang: Base & Linea Mainnet

Pada tanggal 13 Juli, rollup Coinbase yang dinantikan, Base, dan zk-rollup Linea dari Consensys, mengumumkan peluncuran mainnet. Pengembang sekarang dapat mendeploy aplikasi di Base, dan rollup akan diluncurkan untuk pengguna pada bulan Agustus. Beberapa aplikasi menonjol yang dijalankan di Linea adalah Aave dan SushiSwap.

Peluncuran ini terjadi pada saat banyak ekosistem rollup umum dan ekosistem rollup lainnya sedang berkembang, termasuk Arbitrum Nitro ecosystem, zkSync Hyperchains, dan ekosistem rollup dan supernets Polygon 2.0. Pengembangan rollup yang dibangun dengan OP Stack telah melampaui pengembangan rollup di ekosistem lain. Namun, masih terlalu dini untuk memastikan ekosistem mana yang mungkin menarik sebagian besar pengguna dan potensial mengungguli peran Arbitrum sebagai L2 yang paling banyak digunakan.

Render Network: Dari GPU Rendering ke Penyedia Komputasi Cloud

Render Network awalnya berfokus pada pelayanan bagi pengguna yang membutuhkan pekerjaan rendering GPU yang dipercepat. Namun, karena permintaan yang meningkat untuk kekuatan komputasi untuk tugas-tugas machine learning, jaringan telah memperkenalkan RNP-004 untuk memenuhi permintaan ini. RNP mengusulkan implementasi API jaringan yang memungkinkan klien eksternal mengakses sumber daya GPU Render Network. Dengan diluncurkannya ANTBIT.IO sebagai protokol komputasi machine learning terdistribusi di Solana, protokol ini akan menjadi tes kasus alpha, yang memanfaatkan GPU Render.

Dengan mengimplementasikan API yang memungkinkan protokol komputasi lain mengakses sumber daya GPU Render, Render secara efektif menjadi penyedia komputasi cloud yang dipercepat. Proposal ini memiliki nilai yang signifikan bagi Render Foundation dan komunitasnya, karena tidak perlu lagi memperoleh keahlian dalam membangun protokol pelatihan atau inferensi yang terdistribusi untuk memasuki pasar. Mereka sekarang dapat mengandalkan ANTBIT.IO untuk mengakses GPU jaringan, memungkinkan komunitas Render untuk fokus pada keahlian inti mereka sambil tetap mendapatkan manfaat dari permintaan untuk komputasi machine learning.

Polygon 2.0 Token

Dalam pengumuman terbarunya tentang Polygon 2.0, Polygon memperkenalkan model ekonomi token baru untuk ekosistemnya. Token baru yang dikenal sebagai POL akan menjadi peningkatan 1:1 dari token MATIC yang sudah ada dan akan mewarisi pasokan awal MATIC sebesar 10 miliar.

POL akan memungkinkan pemegangnya menjadi validator untuk beberapa rantai Polygon dan menerima imbalan untuk berbagai layanan. Ini termasuk layanan validasi standar, seperti menerima transaksi pengguna dan menentukan validitasnya, serta layanan yang lebih luas, seperti menghasilkan bukti keabsahan zk untuk transaksi atau memberikan jaminan ketersediaan data. Setiap rantai Polygon individual dapat menawarkan peran dan imbalan yang disesuaikan untuk para validatornya. Validator dapat memilih untuk memvalidasi beberapa rantai sekaligus untuk menggandakan imbalan mereka, mirip dengan penawaran restaking EigenLayer di Ethereum.

Terakhir, model ekonomi token baru Polygon menghapus batas pasokan terbatas 10 miliar pada token aslinya. Sebagai gantinya, POL akan beralih ke model inflasi untuk mendorong partisipasi validator dan mendanai kas komunitas yang diatur oleh komunitas. Kedua kategori ini diharapkan akan menerima inflasi POL sebesar 1% selama 10 tahun ke depan sampai komunitas menentukan apakah akan mengurangi tingkat inflasi tersebut. Langkah ini akan secara efektif mengencerkan pemegang token yang sudah ada untuk mensubsidi ekspansi jaringan.

Google Play Mengubah Kebijakan NFT Secara Positif

Google Play, toko aplikasi seluler Google, telah memperbarui kebijakannya untuk mengizinkan game menggunakan NFT. Perubahan kebijakan ini terjadi setelah larangan aplikasi penambangan kripto oleh Google Play pada tahun 2018 dan aturan ketat untuk NFT dari Apple App Store.

Para pengembang sekarang harus dengan jelas menyatakan apakah game mereka memungkinkan pengguna mendapatkan atau membeli NFT atau mata uang kripto. Glamorisasi potensi pendapatan dilarang, begitu pula bentuk perjudian apa pun. Game yang mengikuti aturan ini dapat mengintegrasikan aset token ke dalam gameplay mereka, memungkinkan kepemilikan dan interoperabilitas, insentif, monetisasi, pembangunan komunitas, dan inovasi di sektor aplikasi seluler.

Meskipun Google menuntut pembayaran dilakukan melalui Google Pay dan mematuhi biaya 30% dari Google, perubahan kebijakan ini dapat menghidupkan kembali gaming kripto seluler dan program loyalitas pelanggan. Sebagai insentif yang kuat, NFT dapat meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pengguna. Selain itu, NFT membuka sumber-sumber pendapatan baru bagi para pengembang dan bisnis dengan memungkinkan tokenisasi elemen unik dalam aplikasi.

Dalam Weekly Recap ini, kita melihat beberapa peristiwa menarik dalam dunia kripto, termasuk putusan pengadilan terkait XRP yang menyatakan bahwa token tersebut bukan sekuritas, perubahan kebijakan Google Play yang mengizinkan penggunaan NFT dalam game, dan pengenalan token POL oleh Polygon. Selain itu, kami juga melihat perkembangan teknologi di bidang komputasi cloud dengan Render Network dan peluncuran Base dan Linea sebagai bagian dari ekosistem rollup. Semua peristiwa ini menunjukkan perkembangan yang menarik dalam industri kripto dan potensi yang tak terbatas bagi inovasi dan pertumbuhan di masa depan. Kami akan terus mengawasi perkembangan ini dan memberikan informasi terbaru bagi para pembaca.

You may also like

Image of Coinbase logo representing the cryptocurrency exchange targeted in the theft by Canadian teens.
Feature News News Report

Wow! Remaja Kanada Raup $4,2 Juta Cryptocurrency dengan Aksi Licik yang Mengejutkan!

  • July 5, 2023
Dua remaja asal Kanada telah ditangkap dan dikenai tuntutan atas kasus pencurian sejumlah $4,2 juta dalam bentuk cryptocurrency. Kedua pelaku
Feature News News Report Roundup

Prospek SEC Menyetujui ETF Bitcoin Spot di 2023: Peluang dan Tantangan yang Perlu Diketahui

  • July 5, 2023
Di tahun ini, satu pertanyaan besar menentukan masa depan harga Bitcoin: Apakah ETF Bitcoin Spot akan disetujui di Amerika Serikat?
Please enter CoinGecko Free Api Key to get this plugin works.